Selasa, 11 Agustus 2009

KHASIAT TEH HIJAU UNTUK CEGAH KANKER PAYUDARA

KHASIAT TEH HIJAU UNTUK CEGAH KANKER PAYUDARA

Khasiat teh hijau untuk kesehatan sudah begitu banyak dibicarakan. Bagi kaum wanita, mengkonsumsi teh hijau akan sangat bermanfaat karena telah terbukti mampu untuk menjaga kesehatan payudaranya dari ancaman serangan kanker.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, sejauh ini di negara-negara yang rajin mengkonsumsi teh hijau setiap hari, tingkat kanker payudara wanitanya sangat rendah. Mereka menganggap teh sebagai salah satu makanan sehat.

Dr. Gail Sonenshein, seorang peneliti utama Fakultas Kedokteran di Universitas Boston, Amerika Serikat mengatakan bahwa teh sama sekali tidak mempunyai efek samping yang merugikan. Karena itu, orang tidak perlu takut mengkonsumsi tiga hingga lima cangkir teh per hari. Tidak ada masalah apabila orang rajin minum teh hijau sebagai langkah pencegahan.Dikatakan juga bahwa teh hijau terutama dapat mencegah kanker payudara yang diakibatkan oleh faktor lingkungan. Namun, ia menganjurkan agar pasien yang sedang menjalani radiasi atau kemoterapi kanker payudara perlu konsultasi dengan dokter sebelum ia mencoba minum banyak teh.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Cellular Biochemistry edisi Juli 2001, kandungan senyawa polifenol yang tinggi dalam teh berperan sebagai pelindung terhadap kanker. Polifenol tergolong dalam antioksidan yang sangat ampuh. Senyawa ini akan menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker tersebut.

Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan elektron, sehingga molekul tersebut menjadi tidak stabil dan selalu berusaha mengambil elektron dari molekul atau sel lain. Molekul ini dapat merusak sel-sel manusia.

Menurut studi tersebut, daun teh hijau yang telah dikeringkan terdiri dari 40% polifenol. Selain dapat memerangi kanker payudara, zat ini juga diyakini dapat menurunkan risiko kanker lambung, paru-paru, usus besar, dubur, hati, dan pankreas.

Baca juga info kesehatanWhite tea---Teh Putih Yang Menyehatkan” ; “Minum teh jangan dicampur susu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...