Selasa, 02 Juni 2009

White Tea (teh putih) Yang Menyehatkan

White Tea (teh putih) Yang Menyehatkan

Teh baik untuk tubuh kita. Teh telah digunakan sebagai obat selama berabad-abad. Ilmu pengetahuan modern sekarang menemukan apa yang orang di Cina dan di seluruh dunia sudah lama mengetahui. Kita mengenal black tea (teh hitam) dan green tea (teh hijau) yang membuat tubuh kita sehat. Selain itu, kita juga mengenal white tea (teh putih), yaitu teh yang paling sedikit melalui proses dan white tea memiliki tingkat antioxidant tertinggi sehingga membuat white tea sebagai minuman kesehatan yang paling unggul.

White tea adalah daun teh yang tidak diawetkan dan tidak difermentasi. White tea cepat-kering (mengering dengan cepat diudara terbuka), sedangkan teh hijau harus dikeringkan di dalam oven atau pan. White tea biasanya terdiri dari pucuk-pucuk dan daun-daun yang sangat muda dan mengandung tingkat cafein yang rendah dari pada daun-daun yang lebig tua.

Kandungan Antioxidan White Tea

Antioksidan merupakan zat gizi atau nutrisi yang melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit dalam tubuh, merusak DNA dan mempercepat penuaan. Antioksidan akan menangkap senyawa radikal bebas dan menetralkan mereka. White tea memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk perlindungan dari radikal bebas.

Pencegahan Kanker

White Tea mampu melawan sel-sel yang menyebabkan kanker dan mampu melawan berbagai jenis kanker, seperti kanker colon, prostat, dan kanker perut. Flavonoids, satu kelas dari antioksidan, menghalangi pertumbuhan sel kanker dan mencegah perkembangan sel kanker baru. Dalam beberapa kasus, White Tea telah di-resep-kan sebagai obat-obatan, tetapi tidak menimbulkan efek samping.

Tekanan Darah rendah

Studi menunjukkan bahwa White Tea dapat mengencerkan darah dan memperbaiki fungsi artery. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaganya tetap sehat. Manfaat White Tea yang membuat pembuluh darah tetap kuat dan sehat menjaga kita dari serangan stroke yang mematikan.

Menurunkan Kolesterol

White Tea kaya Catechins, yaitu kelompok antioksidan lain, yang mampu mengurangi kolesterol.. Kolesterol adalah jenis lemak khusus dan penting bagi kesehatan. Ada kolesterol baik dan kolesterol jahat, dan White Tea akan meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Ini membantu mencegah pengerasan arteri dan blockage aliran darah.

Perlindungan Jantung

Dengan mengencerkan darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kolesterol, White Tea melindungi jantung dan seluruh sistem peredaran darah. Peneliti juga menemukan bahwa orang yang minum 2 cangkir teh atau lebih sehari hampir 50% lebih sedikit kemungkinan yang mati setelah menderita serangan jantung. White Tea benar-benar merupakan tonik jantung yang sangat baik.

Tulang yang Lebih Kuat

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang minum teh secara teratur memiliki kepadatan tulang yang lebih besar dan kekuatan yang lebih baik dari pada yang tidak minum teh. White Tea juga memiliki efek menguntungkan bagi penderita arthritis dan osteoporosis.

Antibacterial & antivirus

White Tea adalah pembunuh alami bakteri dan virus. Kandungan Antioksidan tinggi dalam White Tea memperbaiki seluruh sistem kekebalan, memberikan perlindungan terhadap berbagai penyusup dan berbagai macam penyakit. Membantu perlindungan terhadap pilek dan flu biasa, dan dapat meringankan gejala HIV.

Gigi dan Gusi yang Sehat

White Tea mengandung sejumlah kecil fluor dan gizi lainnya yang menjaga gigi kuat dan sehat. Ia juga membunuh bakteri yang menyebabkan plak, gigi berlubang, dan nafas tak sedap.

Kulit sehat

Radikal bebas akibat terkena sinar matahari terlalu lama, stres, dan gizi buruk dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. White Tea melindungi kulit dan membantu membalikkan beberapa kerusakan. Minum White Tea memberikan kulit sehat dan berseri.

Manfaat Kesehatan lainnya

White Tea memiliki banyak manfaat lainnya. White Tea dapat mengurangi gula darah dan membantu mencegah dan mengatasi gejala diabetes. White Tea mengurangi stres dan meningkatkan energi.

White Tea
dapat membantu penurunan berat badan. Studi menyarankan teh dapat meningkatkan metabolisme dan mendorong tubuh membakar lemak lebih banyak, tetapi diet seimbang dan latihan rutin akan lebih memberikan hasil.

Patut Dihindari saat Minum Teh

Ada pula yang harus Anda perhatikan saat Anda minum teh agar zat yang berguna dalam tubuh tidak hilang, antara lain:

  • Jangan minum teh saat atau sesudah makan kerena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh.
  • Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.
  • Hindari minum teh dicampur dengan susu karena menyebabkan zat-zat yang dikandungnya menjadi berkurang bermanfaat.
  • Jangan minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zat nya yang teroksidasi dan basi sehingga berdampak tidak baik untuk tubuh.
  • Hindari minum teh menjelang kita mau tidur karena kafein membuat tubuh kita akan tetap terjaga.
  • Hindari minum teh saat hamil dan menyusui. Karena kafein dan zat stimulan pada teh bisa merangsang kontraksi rahim. Selain itu untuk ibu menyusui akan mengganggu produksi kelenjar penghasil susu ibu atau ASI.

Baca juga info kesehatan "Minum Teh Jangan Dicampur Susu?" & "Minum Kopi Atau Teh Setelah Makan Tidak Sehat?"

Sumber: dari berbagai sumber

2 komentar:

  1. utk penderita ginjal bolehkah minum teh putih atau teh dgn jenis lainnya ?
    Jika boleh seberapa byk dan frekuensi meminum !utk penderita ginjal bolehkah minum teh putih atau teh dgn jenis lainnya ?
    Jika boleh seberapa byk dan frekuensi meminum !

    BalasHapus
  2. Menurut pengalaman saya boleh minum teh, asalkan jenis teh premium, bukan sembarang teh yang beredar dipasaran. dengan mengkonsumsi teh putih maupun teh hitam premium telah terbukti membantu penderita ginjal pulih lebih cepat.
    Semoga info ini bermanfaat, selamat mencoba.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...