Minggu, 21 Juni 2009

Minum Kopi atau Teh Setelah Makan Tidak Sehat ?

Minum Kopi atau Teh Setelah Makan Tidak Sehat ?

Minum Kopi atau teh bukan hanya sekadar tuntutan selera, tetapi bagi sebagian masyarakat perkotaan, menikmati kopi atau sudah menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Ketika melakukannya, tidak hanya sekadar minum begitu saja. melainkan sambil melakukan berbagai aktivitas, di antaranya melakukan transaksi bisnis dengan klien, atau dijadikan tempat arena berkomunikasi dengan keluarga, maupun sekadar bersantai dan berkumpul bersama kawan. Apalagi menikmati kopi atau teh sambil bersantai didukung dengan tempat yang nyaman.

Meskipun kopi atau teh baik untuk kesehatan, namun konsumsinya harus dibatasi. Untuk itu Anda harus tahu bagaimana caranya membatasi diri untuk menghindari efek sampingnya. Sebuah survei menyebutkan beberapa hal mengenai kebiasaan minum kopi atau teh setelah makan siang dan makan malam. Dalam survei dijelaskan bahwa minum kopi atau teh setelah makan akan berbahaya bagi kesehatan sistem pencernaan. Kopi atau teh menyerap protein, zat besi dan vitamin dari makanan yang sebelumnya dimakan, sehingga makanan tidak dapat dicerna dengan baik.

Nah, jika hal tersebut dilakukan berangsur-angsur, tidak menutup kemungkinan akan terjadinya gangguan kesehatan pada pencernaan. Sebelum semuanya merugikan, tidak ada salahnya mencoba menanggulanginya dari awal. Berikut ini adalah beberapa tips berguna bagi pecandu kopi atau teh untuk mengelola asupan kopi atau teh :

Hindari minum kopi atau teh setelah makan malam atau makan siang, karena dapat membahayakan sistem pencernaan. Ganti dengan minuman yang menyehatkan seperti air putih. Setelah beberapa jam baru bisa menyeruput kopi atau teh.

Berikan jeda untuk minum teh atau kopi antara 1- 2 jam setelah makan. Berikan waktu kepada sistem pencernaan untuk bekerja menyerap gizi yang terkandung dalam makanan sebelum kopi atau teh masuk.

Jika Anda tidak bisa menahan rasa ketagihan teh dan kopi. Maka Anda harus mencoba mensiasatinya, yaitu dengan membuat kandungan kopi dan teh cukup ringan untuk pencernaan dengan menambahkan susu, atau es krim pada kopi atau lemon untuk tambahan teh.

Sumber: Dari berbagai sumber

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...